PA Kuala Tungkal Berada Pada Posisi Lima Besar Penilaian SIPP
Tim Audit Ditjen Badilag kembali melakukan penilaian dan evaluasi terhadap kinerja penanganan perkara berdasarkan SIPP terhadap 359 pengadilan tingkat pertama di lingkungan peradilan agama.
Pengadilan dikelompokkan berdasarkan jumlah perkara yang diterima yang terdiri dari 3 (tiga) kategori. Kategori I, yaitu pengadilan yang menangani lebih dari 5.000 perkara, kategori II yang menangani 1.000 sampai 5.000 perkara dan ketegori III yang menangani di bawah 1.000 perkara pertahunnya.
PA Kuala Tungkal berada pada kategori II dengan jumlah perkara 1051. Sesuai dengan evaluasi terhadap kinerja penanganan perkara berdasarkan SIPP yang dirilis Badilag hari ini Jum’at (19/10), PA Kuala Tungkal bertengger di peringkat 5 (lima) dengan nilai 93,36%.
Menanggapi keberhasilan PA Kuala Tungkal ini, Ketua PTA Jambi H. Mukhlis memberikan apresiasi yang tinggi. Dirinya memuji kinerja yang ditunjukkan PA Kuala Tungkal dalam penyelesaian perkara. Tidak hanya sebatas memuji, H. Mukhlis pun menyatakan rasa bangga dan gembira.
“Alhamdulillah, PA Kuala Tungkal berada pada posisi lima besar kategori II dalam evaluasi SIPP minggu ini. Prestasi ini sangat membanggakan,” ucap H. Mukhlis memuji.
Ketua PTA Jambi H. Mukhlis berharap prestasi yang ditorehkan PA Kuala Tungkal tersebut dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Sebab, urainya memberi alasan kinerja PA Kuala Tungkal selama ini selalu dalam kategori baik. Oleh karena itu, lanjutnya lagi, PA Kuala Tungkal terbuka lebar untuk berada di posisi tiga atau bahkan di posisi satu.
“Ayo, PA Kuala Tungkal insya Allah bisa,” tandas H. Mukhlis memberi semangat.
Ketua PTA Jambi H. Mukhlis meminta kepada Ketua PA sewilayah PTA Jambi agar berpacu untuk tampil yang terbaik dalam penanganan perkara yang selalu dievaluasi dalam SIPP. Hal ini terkait dengan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan yang menghendaki pelayanan cepat, sederhana dan biaya ringan.
“Saya minta kepada Ketua PA sewilayah PTA Jambi untuk selalu menunjukkan kinerja yang baik sehingga dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan,” pungkas H. Mukhlis mengingatkan.
Untuk kategori III, PA Muara Bulian dengan jumlah perkara 449 berada pada posisi 11 dengan nilai 94.62%. Keberhasilan ini pun patut diberikan apresiasi mengingat nilainya cukup tinggi.
“Minggu ini PA Muara Bulian pada posisi 11, semoga minggu depan lebih baik lagi,” ujar Ketua PTA Jambi H. Mukhlis memotivasi.
Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas