Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Tinggi Agama Jambi

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tinggi Agama Jambi

Jl. KH. Agus Salim, Kota Baru - Jambi

Telp. 0741-40131, Fax. 0741-445293, Email : ptajambi@yahoo.com

Logo Artikel

6994 STRATEGI DALAM KOMUNIKASI OLEH KHOLILAYNY S H M H 13 05 2024

Strategi Dalam Komunikasi | Oleh : Kholilayny, S.H., M.H (13/05/2024)

Strategi Dalam Komunikasi

Oleh : Kholilayny

(Panitera Pengganti PA Sengeti)

Komunikasi merupakan proses pertukaran dan pemahaman informasi antara dua pihak atau lebih. Proses ini melibatkan pengirim pesan penerima pesan dan sarana saluran komunikasi. Dalam berkomunikasi ternyata telah banyak menarik perhatian para ahli. Bahkan hal ini menjadi kajian terkini dari startegi komunikasi.

Dalam buku berjudul Strategi Komunikasi sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global yang ditulis Dr Edi Suryadi M.Si, diterbitkan PT Remaja Rosdakarya, Bandung menyatakan bahwa “Keberhasilan kegiatan komunikasi secara efektif banyak ditentukan oleh penentuan strategi komunikasi. Dipihak lain, jika tidak ada strategi komunikasi yang baik efek dari proses komunikasi (terutama komunikasi media massa) bukan tidak mungkin akan menimbulkan pengaruh negarif. Untuk menilai proses komunikasi dapat ditelaah dengan menggunakan model model komunikasi. Dalam proses kegiatan komunikasi yang sedang berlangsung atau sudah selesai prosesnya. Untuk menilai keberhasilan proses komunikasi tersebut(terutama efek dari komunikasi ) digunakan telaah model komunikasi.

Salah satu ahli, Onong Uchjana Effendi (1981) dalam buku berjudul Dimensi Dimensi Komunikasi yang dikutip Dr Edi Suryadi dalam buku Strategi Komunikasi menyatakan Bahwa “…strategi komunikasi merupakan panduan dari perencanaan komunikasi (communications planning) dan manajemen (communications Management) untuk mencapai suatu tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut strategi komunikasi harus dapat menunjukan bagaimana operasionalnya secara taktis harus dilakukan. Dalam arti kata bahwa pendekatan (approach) bisa berbeda sewaktu waktu tergantung dari situasi dan kondisi (1981:84).

Anwar Arifin (2004) dalam Bukunya Strategi Komunikasi yang dikutip Dr Edi Suryadi MSI pun menyatakan bahwa “Sesungguhnya suatu strategi dalam keseluruhan keputusan kondisional tentang Tindakan yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan. Jadi, merumuskan stategi komunikasi berarti memperhitungkan kondisi dan situasi (ruang dan waktu) yang dihadapi dan akan mungkin dihadapi dimasa akan depan untuk mencapai efektifitas. Dengan strategi komunikasi ini berarti dapat ditempuh beberapa cara memakai komunikasi secara sadar untuk menciptakan perubahan pada diri khalayak dengan mudah dan cepat (2004:10)

Menilik dari pendapat para ahli tersebut, dalam berkomunikasi sesungguhnya memerlukan strategi. Hal ini dapat dipilahkan berdasarkan pada tempat, waktu, sarana yang digunakan dalam berkomunikasi. Termasuk pula tujuan komunikasi, pelaku dari komunikasi dan tujuan akhir dari pelaksanaan komunikasi yang dilakukan.

Dalam kehidupan bermasyarakat, komunikasi dilakukan untuk menyampaikan secara langsung atau tidak langsung. Contohnya berbicara langsung antara satu orang dengan orang lainnya atau lebih. Atau menggunakan sarana alat perantara komunikasi (Handphone).

Begitu pun dalam sebuah Lembaga pemerintahan, Komunikasi juga dilakukan dalam pelayanan public. Hal ini dapat disampaikan dalam beberapa cara. Baik secara lisan (langsung) dan juga melalui alat bantu sebagai bentuk pemberitahuan kepada public. Baik berupa stiker, reklame atau pamphlet.

Komunikasi yang dilakukan dengan berbagai cara tersebut melalui beberapa proses. Dari kegiatan proses komunikasi ini memiliki target akhir yang akan dicapai.

Sehingga penyampaian yang dilakukan dalam komunikasi dengan starategi melalui cara yang baik, efektif dan tepat sasaran, dapat memberikan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan.


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas