Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Tinggi Agama Jambi

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tinggi Agama Jambi

Jl. KH. Agus Salim, Kota Baru - Jambi

Telp. 0741-40131, Fax. 0741-445293, Email : ptajambi@yahoo.com

Logo Artikel

5621 MINIMALISIR KONTAK DENGAN PARA PIHAK PA MUARA TEBO GELAR SOSIALISASI E COURT

Minimalisir Kontak Dengan Para Pihak, PA Muara Tebo Gelar Sosialisasi E-Court

Muara Tebo – Pengadilan Agama Muara Tebo, Jum’at (03/05/2019) melaksanakan sosialisasi penerapan E-Court yang merupakan amanah dari Perma Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan secara elektronik, yang poluler dengan nama E-Court atau pendaftaran (e-filling), pembayaran (e-payment) serta pemanggilan (e-summon) secara online.

Hadir dalam acara sosialisasi, Ketua Pengadilan Agama Muara Tebo, Hj. Baihna, S.Ag., M.H., Wakil Ketua Pengadilan Agama Muara Tebo, Syamsul Hadi, S.Ag., M.Sy., Hakim Pengadilan Agama Muara Tebo, MPanitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Muara Tebo, serta perwakilan advokat dari Peradi, Apriani Hernida, S.H, M.H dan perwakilan advokat dari KAI, Iwan Fals, S.H, M.H.

Menurut Ketua Pengadilan Agama Muara Tebo, Hj. Baihna, S.Ag., M.H., pelaksanaan sosialisasi penerapan E-Court pada dasarnya telah dirancang lama, namun karena ada beberapa kendala teknis sehingga sosialiasi baru dapat dilaksanakan pihaknya, Jum’at (03/05/2019).

Menurut orang nomor satu di Pengadilan Agama Muara Tebo, E-Court dilatarbelakangi oleh hal-hal yang bertujuan untuk meminimalisir/mempersempit kontak langsung para pihak dengan aparat di Pengadilan.

Selanjutnya, Ketua Pengadilan Agama Muara Tebo juga menyampaikan bahwa penerapan E-Court dapat memberi kemudahan khususnya advokat tanpa harus datang ke pengadilan, dengan menjunjung tinggi azas sederhana, cepat dan biaya ringan.

Dia juga berharap aplikasi E-court yang saat ini hanya dapat di akses oleh para advokat dapat juga dinikmati dan diakses oleh masyarakat pencari keadilan, sehingga azas sederhana, cepat dan biaya ringan dapat benar-benar menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Panitera Pengadilan Agama Muara Tebo, Izzami Thaufiq, S.H., M.H., juga menyampaikan secara lugas terkait penggunaan aplikasi E-Court, dia berharap para advokat dapat secara konsisten menggunakan aplikasi E-Court.

“Saya berharap aplikasi E-Court ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para advokat yang akan beracara di Pengadilan Agama Muara Tebo dan jika ada kendala dalam penggunaan aplikasi, admin kami siap membantu dan memberi solusi,” pungkasnya. (umay/Jurdilaga PA Muara Tebo-PTA Jambi)

 

Comments:


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas