Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Tinggi Agama Jambi

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tinggi Agama Jambi

Jl. KH. Agus Salim, Kota Baru - Jambi

Telp. 0741-40131, Fax. 0741-445293, Email : ptajambi@yahoo.com

Logo Artikel

5224 KETUA HAKIM DAN PANITERA PA SENGETI MENGIKUTI SOSIALISASI PERMA NOMOR 14 TAHUN 2016 TENTANG TATA CARA PENYELESAIAN PERKARA EKONOMI SYARIAH 7 11

Ketua, Hakim dan Panitera PA Sengeti Mengikuti Sosialisasi Perma Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Ekonomi Syariah (7/11)

sosialisasi pa sengeti

Muaro Jambi | pa-sengeti.go.id.Sosialisasi PERMA Nomor 14 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Ekonomi Syariah akhirnya dapat dinikmati oleh seluruh jajaran hakim dan panitera di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Jambi. Berdasarkan surat Dirjen Badilag MARI Nomor : 1842/DJA/OT.00.7/2018 tanggal 23 Juli 2018 perihal Sosialisasi PERMA Nomor 14 Tahun 2016 kepada Pengadilan Tinggi Agama Jambi diperintahkan untuk melaksanakan Sosialisasi ssesuai jadwal yang telah ditetapkan.

sosialisasi

Pelaksanaan acara tersebut dilaksanakan di Hotel Luminor Jambi pada tanggal 6 November 2018 yang dimulai pukul 07.30 WIB yang dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi, dan Panitera Pengadilan Tinggi Agama Jambi, Ketua, Wakil Ketua, Hakim, dan Panitera PengadilanAgama sewilayah PTA Jambi, unsur perbankan yang terdiri dari BRI Syari’ah, BNI Syari’ah, Bank Syari’ah Mandiri, unsur perguruan tinggi yakni Universitas Jambi, UIN STS, Universitas Batanghari Jambi, Advokat dari Peradi, KAI, dan OJK yang jumlah keseluruhannya adalah 90 orang. Pada kesempatan tersebut hadir juga Ketua Pengadilan Tinggi Jambi, Kanwil Kemenag, Ketua Pengadilan Negeri Jambi dan Ketua PTUN Jambi.

Acara sosialisasi ini langsung dibuka oleh Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI Dr. H. Amran Suadi, SH.,MH.,MM. Menurut Dr. H. Amran Suadi, SH.,MH.,MM. Ekonomi Syariah merupakan salah satu kewenangan absolut yang dimiliki oleh pengadilan agama selain dua kewenangan lain, yakni perceraian dan perkara jinayat di Mahkamah Syariah Aceh. Dengan adanya sosialisasi ini tidak ada alasan bagi hakim untuk menolak perkara ekonomi syariah karna ketidak pahamannya. Karena siapa pun kita harus selalu belajar dan mengikuti perkembangan zaman, terlebih lagi sengketa bisnis syri’ah sudah menjadi kewenanan pengadilan agama.

 

 

 

Dr. Drs. Purwosusilo, SH.,MH (Hakim Agung) dan Dr. H. Yasardin (Hakim Agung) yang juga sebagai nara sumber meyampaikan materi tentang tata cara penyampaian putusan sederhana dan eksekusi jaminan fidusia dan hak tanggungan.

Para peserta sosialisasi sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan akhirnya diharapkan kepada seluruh peserta untuk terus belajar dan menggali lebih dalam lagi tentang materi penyelesaian perkara ekonomi syari’ah. (YAP | Jurdilaga PA Sengeti)

 

Comments:

Berita Seputar PA

Terima Mesin EDC, Ini Harapan Ketua PA Sengeti
18 Mar 2019 04:15 - PA Sengeti

  Ketua dan Panitera PA Sengeti (berdua dari kanan) menerima EDC   Muaro Jambi | pa-sen [ ... ]

Seputar PASelengkapnya
PENGADILAN AGAMA MUARA BUNGO ADAKAN PENCANANGAN ZO...
14 Mar 2019 09:05 - PA Muara Bungo

    www.pa-muarabungo.go.id Bungo   Senin 5 Maret 2019. Dalam rangka men [ ... ]

Seputar PASelengkapnya
Sekretaris PA Sengeti Rencanakan Aplikasi Cuti Onl...
13 Mar 2019 02:52 - PA Sengeti

  Sekretaris PA Sengeti menyampaikan pembinaan apel  Muaro Jambi | pa-sengeti.go.id Sek [ ... ]

Seputar PASelengkapnya
Berita Lainnya

Artikel

KUESIONER SURVEI PTA JAMBI
27 Feb 2019 08:00 - imron

Sejalan dengan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah B [ ... ]

ArtikelSelengkapnya
Renungan Singkat Dibalik Pancasila Sakti
08 Oct 2018 04:45 - rovel

RENUNGAN SINGKAT DIBALIK PANCASILA SAKTI Oleh: Ahmad Syafruddin (Hakim pada Pengadilan Agama Sunga [ ... ]

ArtikelSelengkapnya
Saatnya Mencocokkan Arah Kiblat
27 May 2016 07:45 - Imam N

Saatnya Mencocokkan Arah Kiblat Oleh: Zaenal Hakim    Hukum Menghadap Kiblat Firma [ ... ]

ArtikelSelengkapnya
Berita Lainnya

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas