Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Tinggi Agama Jambi

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tinggi Agama Jambi

Jl. KH. Agus Salim, Kota Baru - Jambi

Telp. 0741-40131, Fax. 0741-445293, Email : ptajambi@yahoo.com

Logo Artikel

5985 PTA JAMBI BAHAS DIM RAKOR BADILAG

PTA Jambi Bahas DIM Rakor Badilag

 bahas-1

Ditjen Badilag Mahkamah Agung RI akan melaksanakan rapat koordinasi dengan Kamar Agama MA dan pengadilan tingkat banding di lingkungan peradilan agama yang akan digelar pada tanggal 16 s.d. 18 September 2019 di Jakarta. Dalam rakor tersebut akan dibahas berbagai permasalahan teknis yudisial maupun bidang kepaniteraan dan bidang kesekretariatan.

 bahas-2

Sesuai dengan surat Ditjen Badilag Nomor 4149/DjA/PL.09/8/2019 tanggal 28 Agustus 2019, Badilag telah mengirimkan daftar inventarisasi masalah (DIM) ke PTA se Indonesia. Dalam surat yang ditandatangani Dirjen Badilag H. Aco Noor tersebut disebutkan, untuk keefektifan waktu saat pelaksanaan rapat koordinasi, diminta kepada PTA untuk terlebih dahulu membahas DIM dimaksud.

Lalu, untuk menindaklanjuti surat Dirjen Badilag di atas, PTA Jambi melakukan pembahasan DIM pada hari Rabu (11/09). Pembahasan DIM ini dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok yaitu bidang teknis yudisial, bidang kepaniteraan dan bidang kesekretariatan.

Ketua PTA Jambi H. Busri Harun menjelaskan bahwa ketiga bidang yang menjadi DIM dan akan dibahas dalam rakor Badilag nanti harus dibahas terlebih dahulu di satuan kerja masing-masing. Pembahasan ini dimaksudkan untuk lebih fokus pembahasannya pada saat rakor dan menjadi masukan bagi Badilag.

“Kita harus membahas DIM yang dikirim Badilag sebagai bahan bahasan pada rakor Badilag dengan PTA seluruh Indonesia di Jakarta. Oleh sebab itu, saya minta kepada kita semua supaya membahasnya dengan sungguh-sungguh sesuai dengan bagiannya masing-masing,” ujar H. Busri Harun.

“Sebaiknya berikan saran dan masukan sebagai buah pemikiran dari PTA Jambi,” pungkas H. Busri Harun.

Pada bagian teknis yudisial yang dibahas oleh Ketua PTA Jambi H. Busri Harun bersama dengan hakim tinggi ternyata pembahasannya berjalan alot, karena masing-masing memberikan pendapat yang disertai argumennya. Akibatnya, dari 69 DIM yang menjadi topik bahasan hanya dapat dibahas 27 DIM sampai dengan menjelang waktu shalat zuhur.

“Oleh karena sudah tiba waktu shalat zuhur, maka pembahasan DIM tersebut kita hentikan dan dilanjutkan besok hari,” ujar Wakil Ketua PTA Jambi H. Abd. Hamid Pulungan yang memimpin rapat tersebut.

Sementara itu, bagian kepaniteraan dan bagian kesekretariatan telah selesai pembahasannya dan hanya menyusun hasil bahasan yang menjadi kesimpulan.

 

Add comment

Security code
Refresh

Berita Seputar PA

Hadiri Workshop KEPPH, Ketua PA Muara Tebo Didaula...
17 Sep 2019 08:53 - PA Muara Tebo

Muara Tebo – Dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan serta keluhuran martabat serta p [ ... ]

Seputar PASelengkapnya
Ketua PA Sungai Penuh Dinobatkan Peserta Terbaik I...
17 Sep 2019 07:49 - Noprizal

  JURDILAGA PA SUNGAI PENUH - Perhelatan workshop KEPPH yang diselenggarakan Komisi Yudi [ ... ]

Seputar PASelengkapnya
Optimalisasi Media Informasi, PA Jambi Launching "...
16 Sep 2019 08:48 - PA Jambi

Jambi | pa-jambi.go.id Setelah sebelumnya menerapkan layanan antrian persidanganpada ruang t [ ... ]

Seputar PASelengkapnya
Berita Lainnya

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas