Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Tinggi Agama Jambi

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tinggi Agama Jambi

Jl. KH. Agus Salim, Kota Baru - Jambi

Telp. 0741-40131, Fax. 0741-445293, Email : ptajambi@yahoo.com

Logo Artikel

5579 PTA JAMBI LAKSANAKAN SOSIALISASI DAN TES URINE DETEKSI DINI PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA

PTA Jambi Laksanakan Sosialisasi dan Tes Urine Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkotika

narkoba

Senin, 8 April 2019 Pengadilan Tinggi Agama Jambi bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Prov. Jambi yang merekomendasikan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Jambi melakukan Sosialisasi dan Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkotika. Tes Urine Narkoba dimulai dari Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Panitera & Sekretaris, Pejabat Fungsional dan Pejabat Struktural, Pegawai serta Honorer. Kegiatan ini untuk mendukung upaya pemerintah dalam memerangi narkoba di Lingkungan Kantor khususnya Pengadilan Tinggi Agama Jambi.

 

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi menjelaskan bahwa tes urine pada hari ini untuk menindaklanjuti Surat Edaran MENPAN No. 50 Tahun 2017 dan surat dari Sekretaris Mahkamah Agung RI No. 974/SEK/OT.01.1/11/2017 per tanggal 15 November 2017 perihal Pelaksanaan Pemeriksaan Narkoba dan Sosialisasi Tentang Bahaya Narkoba.

narkoba 1

Hal ini menunjukkan bahwa Mahkamah Agung khususnya Pengadilan Tinggi Agama Jambi dan seluruh aparatnya sangat mendukung upaya pemerintah memerangi narkoba dan sangat berkomitmen untuk menciptakan jajaran dan lingkungan kerjanya bersih dari penggunaan narkoba, dan selanjutnya pimpinan berkomitmen akan selalu aktif mengawasi aparatnya dari penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi H. Busri Harun adanya sosialisasi ini. Kemudian beliau mempersilahkan Kasi Rehabilitasi BNN Kota Jambi, Daniel, S.H untuk memaparkan materi perihal Narkoba.

narkoba 6

Tampak segenap hadirin bersemangat menyimak materi yang dipaparkan oleh Daniel, S.H. Adapun materi sosialisasi yakni perkenalan apa itu NARKOBA. Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif. Pengertian dan pembagian golongan Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif. Manfaat positif dari NARKOBA untuk bidang ilmu pengetahuan dan medis.

Beliau memaparkan secara terperinci dampak NARKOBA bila disalahgunakan/drug abuse yakni merugikan Pemakai secara fisik dan psikis, menimbulkan ketergantuan dan pelanggaran hukum UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika.  

Kasi Rehabilitasi BNN Kota Jambi juga menguraikan faktor penyebab seseorang menjadi penyalahguna NARKOBA dan dampak dari penyalahgunaan NARKOBA yang mencakup aspek fisik (ke pribadi yang bersangkutan badan sakit-sakit, mudah tertular HIV, rela jual diri, over dosis bahkan berakibat kematian), aspek sosial (dampak bagi keluarganya, hukuman sosial dari masyarakat, berpeluang melakukan tindak kriminal seperti mencuri dan korupsi) dan dampak strategis (merusak moral dan patriotisme atau rasa cinta tanah air generasi muda serta mengancam ketahanan nasional NKRI)

Bukan hanya tugas BNN untuk melakukan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap NARKOBA (P4GN), seluruh elemen masyarakat dapat berpartisipasi terkait hal ini yang juga dimuat dalam UU. (RR/Jurdilaga)

 

Add comment

Security code
Refresh

Berita Seputar PA

BRI Syariah Jalin Kerjasama dengan PA Jambi
13 Jun 2019 15:33 - PA Jambi

  PA Jambi | www.pa-jambi.go.id BRI Syariah Cab Jambi jalin kerjasama dengan Pengadilan Agama [ ... ]

Seputar PASelengkapnya
PTA Jambi Sidak Jajaran PA Jambi di Hari Pertama M...
10 Jun 2019 10:03 - PA Jambi

    pa-jambi.go.id, JAMBI - Pada hari pertama masuk kerja pasca cuti bersama Hari Raya [ ... ]

Seputar PASelengkapnya
Apel Perdana Usai Libur Lebaran, 97,6 Persen Jajar...
10 Jun 2019 10:01 - PA Jambi

INFO PA Jambi, Senin (10/06/2019)– Sebanyak 97,6 persen jajaran Pengadilan Jambi hadir pada apel [ ... ]

Seputar PASelengkapnya
Berita Lainnya

Artikel

KUESIONER SURVEI PTA JAMBI
27 Feb 2019 08:00 - imron

Sejalan dengan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah B [ ... ]

ArtikelSelengkapnya
Renungan Singkat Dibalik Pancasila Sakti
08 Oct 2018 04:45 - rovel

RENUNGAN SINGKAT DIBALIK PANCASILA SAKTI Oleh: Ahmad Syafruddin (Hakim pada Pengadilan Agama Sunga [ ... ]

ArtikelSelengkapnya
Saatnya Mencocokkan Arah Kiblat
27 May 2016 07:45 - Imam N

Saatnya Mencocokkan Arah Kiblat Oleh: Zaenal Hakim    Hukum Menghadap Kiblat Firma [ ... ]

ArtikelSelengkapnya
Berita Lainnya

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas