Get Adobe Flash player

Ketua

ketua web ok

Drs. H. Mukhlis, S.H., M.Hum

Waktu Shalat Kini

Berita Badilag

Pentingnya Belajar Ilmu Tajwid

asri kultum good tajwid

PTA Jambi-Senin (26/2/2018) bertempat di aula utama Pengadilan Tinggi Agama Jambi, dilangsungkan Bintal sebagai agenda rutin setiap hari Senin. Dalam kesempatan ini bertindak sebagai narasumber yakni Drs. H. Asri Damsy, S.H., M.H beliau mengangkat tema “Pentingnya Belajar Ilmu Tajwid”.

 

 

Dalam penyampainnya Asri Damsy menyampaikan bahwa : “Membaca Al-Qur’an adalah amalan yang mulia. Setiap hurufnya dibalas dengan sepuluh kebaikan, sebagaimana disebutkan Rasulullah SAW dalam sabdanya. Begitu juga banyak sekali hadits-hadits yang menjelaskan tentang kemuliaan orang yang mempelajari Al-Qur’an, kemudian mengajarkannya.

Akhir-akhir ini banyak ajakan dari pelbagai komunitas untuk semakin memperbanyak membaca Al-Qur’an. Nabi pun pada dasarnya juga menganjurkan Muslim untuk mengkhatamkan Al-Qur’an secara rutin, baik sebulan sekali, tiga bulan sekali, seminggu sekali, bahkan juga tiga hari sekali khatam, sesuai dengan kemampuan dan kesempatan yang ada.

Tapi, patut disadari juga bahwa meskipun memperbanyak membaca Al-Qur’an itu baik, untuk mencapai kualitas ibadah yang lebih baik maka cara membaca Al-Qur’an perlu diperbaiki. Dalam Al-Qur’an surat Al Muzammil ayat 4 juga Allah sebutkan bahwa “...dan bacalah Al-Qur’an secara tartil...”.

tajwid

Membaca Al-Qur’an memang butuh proses untuk belajar, yang memang tidak mudah. Apalagi membiasakan kemampuan bicara orang Indonesia memang perlu bersabar. Maka belajar Al-Qur’an dengan berguru ke alim yang mumpuni menjadi begitu penting, supaya kesalahan baca dan manfaat ilmu tajwid bisa terasa. Semoga segala usaha kita mempelajari Al-Qur’an dapat menjadikannya penuntun hidup dan penolong di hari akhir nanti”, Ujar Asri Damsy.

Ditambah oleh Asri Damsy, apalagi setiap hari Kamis dan Jum’at di kantor Musholla PTA ada belajar Ilmu Tajwid. Maka beliau mengajak untuk semua warga PTA Jambi bisa belajar yang belum tahu atau mengulang ilmu tajwid bagi yang telah tahu. yang mana dalam belajar tersebut Asri Damsy sendiri sebagai tutornya.                        ( RR/Jurdilaga )

Comments   

+1 #1 Thamrin Habib 2018-03-01 08:14
Mantap tu pak Damsy...
Quote

Add comment

Security code
Refresh

Wakil Ketua

waka web ok

Drs. H. Ibrahim Kardi, S.H., M.Hum.

Survei

Bagaimana Menurut Anda Tentang Pelayanan PTA Jambi ?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:

Link Terkait

link mari

badilag

 logo siwas

putusan ma

litbangdiklatkumdil

putusan-asianlii

pembaruan

link-badilum

link-dilmiltun

sikep

link-lipia

link-sms

link-jdih

 LPSE

komdanas

Jumlah Pengunjung

232053
Hari IniHari Ini157
KemarinKemarin124
Minggu iniMinggu ini157
Bulan IniBulan Ini4100
TotalTotal232053

Flag Counter